Kamis, 11 Agustus 2011

Trik digital code?...........

POLYTRON LSIDI

Filed under: skema tv,TIPS&TRIK — digitalmas @ 7:25 AM
Tags: , , , ,
Nama LSIDI sesuai dengan penampilan TV ini , kalau dilihat sepintas memang persis TV LCD ,begitu juga dengan multimedia input yang telah menyatu dengan TV ini ,dengat fitur yang baru yaitu touch sensor .sensor sentuh ini sangat senstif , seperti halnya pada sistem touch screen
image
Meskipun penampilan LCD namun jika dibuka , tidak ada yang mencolok dari tv ini , yang berbeda hanya penambahan MPEG untuk multimedia dan IC ATA2508 untuk touch sensor .Rangkaian regulator masih tetap ciri khas polytron ,dan ic smd UOC menggunakan HBT01-05 . audio processor masih mengunakan tda7442d
Ada pengalaman unik ketika memperbaiki tv model LSIDI ini .
  1. problem protek

    seperti umumnya tv merk lain tv lsidi ini juga dilengkapi fungsi protect . Kaki protect terletak di kaki 67 (key&protect IC HBT 01-05),menggunakan sistim aktif LOW , artinya jika tegangan di kaki 67 mendekati 0 volt  tv ini akan protect, Sistem kerja rangkaian protec sama seperti polytron terdahulu yakni menggunakan pulsa vertikal , jika vertikal sudah bekerja maka sinyal gigi gergaji dari output vertikal akan dilewatkan oleh elco c402 dan disearahkan menjadi tegangan DC oleh diode D401 ,tegangan DC yang masih mengandung sinyal gigi gergaji akan difilter oleh C401 supaya menjadi DC murni ,tegangan DC ini akan dilewatkan oleh R713 menuju basis T701 , jika basis mendapat tegangan DC maka di colector T701 akan menjadi LOW = 0 volt ,colector dari T701 terhubung dengan T703 ,jika basis T703 maka dicolector T703 akan HIGH = sekitar 4,5 volt , nah informasi dari colector T703 ini akan disampaikan ke IC 301 HBT 01-05 melalui R703 , dan IC 301 akan mengerti dengan kondisi ini .jika kondisi LOW= 0 volt maka akan masuk mode protect , dan sebaliknya .nah sekaranga bagaimana caranya agar tv tersebut kita paksa supaya masuk ke mode normal atau non protect cara yang paling mudah adalah melepas kaki kolector T703 sehingga dikaki 67 menjadi HIGH=4,6 volt .maaf ini hanya untuk perbaikan saja ; jika sudah normal harap dikembalikan ke posisi semula .
  2. VERTICAL PROTECT

  • SWITCHING POWER SUPPLY
Power supply : dalam rangkaian power supply ini persis dengan polytron terdahulu , artinya sama saja namun ada satu hal yang perlu diperhatikan yakni penulisan komponen T505(transistor take over)  jika dilihat dari bottom layout hurup BCE nya tertukar jadi seharusnya ECB , saya pernah terjebak ketika memasang T505 ini ,dimana hanya memperhatikan bottom layout saja padahal itu salah , yang betul yang ada di top overlayout nya .problem yang sering ditemui juga sama yaitu sering jebolnya T505 menyebabkan resistor (R517) 180 gosong .transistor T505 bisa diganti dengan nomor A1013 yg banyak dijual di toko toko , dan jika R517 (180) terbakar biasanya disebabkan oleh tegangan lebih pada kaki colector T505 ; normal tegngan nya adalah sekitar 7,5 volt , jika colector T505 lebih dari tegangan 15 volt maka resistor 517 akan hangus dan memebuat diode zener D512(5,6 volt ikut hubung singkat (short atau korslet) dan transistor untuk regulator 5volt digital T504 (atau tegangan utama untuk mensuplai IC HBT 01-05 juga ikut terbakar menyebabkan tegangan di emitor T504 juga jadi naik , hal ini membahayakan IC 301 , biasanya IC HBT01-05 akan ikut rusak .
IC 301 HBT 01-05 mempunyai 80 kaki :
  • VCC Digital ada di kaki 61
  • Reset ada dikaki 65 menggunakan reset aktiv low menggunakan IC kia7045.
  • parabolic out put atau untuk pin corection atau pengatur wide dan koreksi cacat bantal ada di kaki 71
  • Power on/off ada dikaki 74
  • SCL & SDA ada dikaki 2 dan 3
  • X-TAL clock ada dikaki 63 dan 64
  • VCCA ada dikaki 9 ,18,48
  • Horzontal out ada dikaki 62
  • vertikal Out kaki 49
  • ABL / ABCL IN kaki 38
  • kontrol untuk multi media ada dikaki 78,79 80 (ack,stb dan data )
  • audio out ada dikaki 36-37
  • video out kaki 35.
skema bisa anda download disini
service tv

31 Januari 2011

TIPS Aman Modifikasi Power Supply bag 2

Filed under: TIPS&TRIK — digitalmas @ 9:21 PM
Berdasarkan pengalaman yang saya alami selama  ini ada beberapa caatatan yang dapat saya simpulkan dari pengalaman dalam hal modifikasi power supply .
  • trik modifikasi pada tv merk politron  menggunakan TDA  8380 .
    • Pada model ini pemasangan relatif mudah .hanya melepas tr but11af  dan menyambung kan kabel warna merah ke colektor dan kabel warna hitam ke ground atau bekas emitor  yang harus diperharikan adalah rangkaian snuber . dimana rangkaiam snubernya menggunakan rangkaian r 1.8k 5w .sedangkan di  petunjuk pemakaian .rangkaian subbernya menggunakan RC deengan nilai 22-100 5watt dan c 470  -102 2KV . JAdi rangkaian nya  peru dirubah atau disesuaikan dengan yang di skema dari astelo atau gacun .
  • trik modifilasi pada TV yang menggunakan fet fs7um .
    • model ini menggunakan sistim tegangan turun pada   posisi standby .jadi pada model ini kabel warna biru harus di pasang ,cara pemasangan nya adalah kabel biru dipasangkan ke kaki 4 photocoupler . harus diperhatikan bahwa rangkaian di hot chasis jangan dilepas , terutama t506 .jadi biarkan terpasaang semua karena rangkaian ini memerlukan rangkaian error control perhatikan gambar dibawah   ini . yang dilepas hanya fet nya saja sedangkan zener 12v yang sering hangus terbakar biarkan saja . 
    • rangkain snuber nya juga belum sesuai dengan yang di gambar jadi perlu penyesuaian yaitu r22-100 2watt belum terpasang
    • modifikasi power suplai POLYTRON
mohon digunakan dengan bijaksana !!!!!!

13 Desember 2010

UPDATE Firmware LCD menggunakan Flash disk

Filed under: Tak terkategori — digitalmas @ 9:43 PM
Dibawah ini akan di jelaskan cara cara membuat Flashdisk untuk update firmware LCD TV .
Update biasa nya di lakukan untuk menyempurnkan firmware jika ada kekurangan atau istilah lain upgrade atau pemutakhiran , Pemutakhiran bisa disebabkan karena produk tidak sesuai dengan area tempat perangkat tersebut di gunakan atau penambahan fitur supaya lebih lengkap .
Dapat juga firmware ini dipakai untuk mengatasi kerusakan yang disebabkan oleh kerusakan file firmware yang ada di dalam eprom(bios)
Firmware adalah sekumpulan data .Dalam elektronik dan komputasi , firmware adalah istilah yang sering digunakan untuk menunjukkan, , program tetap dan / atau struktur data mengontrol  berbagai perangkat elektronik.biasanya disimpan di eprom atau eeprom (BIOS).
Perangkat elektronik mendatang mengarah ke teknologi multimedia ,artinya sudah dilengkapi dengan multi media input seperti adanya port USB, atau MMC card ,atau slot untuk kartu memory , Dengan perangkat multi media ini akan memudahkan pengguna jika ingin melihat gambar hasil dari camera digital atau camera handphone atau untuk memutar mp3 atau mp4 .
Perangkat multi media input ini juga bisa dimanfaatkan untuk update firmware (khusus merk tertentu).
Berikut ini adalah langkah langkah dalam membuat flashdisk untuk update firmware LCD .
  • Bersihkan flash disk dengan cara Format flashdisk terlebih dahulu.
  • copy paste file firmware ke dalam flash disk yang sudah bersih . jangan diisi file lain selain file firmware .biasanya extension.bin
seperti pada gambar di bawah ini
format usb stik
copy paste file firmware ke flash disk yg sudah bersih
Sekarang flash disk siap digunakan . Ingat sebaiknya flashdisk khusus untuk upgrade saja ,
lepas lcd dari jala listrik.(atau dari power utama)Masukan Flashdisk ke port usb , tekan dan tahan tombol power di panel control. lalu tv dihidupkan tunggu sampai proses berlangsung’.
Proses upgarde melalui USB ini sebetulnya proses ngeflash IC BIOS , yang membedakan adalah : IC nya tdk dilepas tapi  semacam ISP(in sytem programmer) .
Sumber artikel id.wikipedia

9 Desember 2010

Skema tools

Filed under: tools — digitalmas @ 6:35 AM
1.EZP USB PROGRAMMER
2.UOC111/UOCTOP PROGRAMMER
3.ESR MICRO

Digitalmas USB HIGH SPEED PROGRAMMER
esr4
yang lainnya menyusul.

26 Oktober 2010

MEMPERBAIKI DVB-T menggunakan ELNEC PROGRAMMER

Filed under: TIPS&TRIK — digitalmas @ 9:47 PM

DVB TERESTERIAL adalah perangkat baru dalam dunia penyiaran di daerah kami ,sejak kehadiran tv digital memberikan nuansa baru ,dimana yang tadinya mendapatkan siaran yang banyak semutnya jika memakai dvb-t gambarnya jadi jernih ,
Harga DVB-T yang standar berkisar mulai dari 200rb ,tergantung dari model dan fiturnya ,kalau yang sudah komplit dengan multimedia dan game tentunya harganya lebih mahal .
DVB-T banyak yang mengalami kerusakan sama seperti halnya DVD ,kerusakan yang umum terjadi adalah seperti umunya MPEG adalah BIOS .Gejalanya umum adalah tidak bisa booting.
BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:
1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras
2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer
4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras .Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.
Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut “IBMBIO.COM” (IBM PC-DOS) atau “IO.SYS” (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS.
Kata BIOS juga dapat diartikan sebagai “kehidupan” dalam tulisan Yunani (Βίος).
Setelah saya lakukan pengamatan dengan membandingkan antara DVB-T yang normal dan yang tidak bisa booting ,adalah hilangnya data boot config ,dimana data ini sangat penting dan yang pertama kali dijalankan . Booting adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada proses awal menyalakan komputer dimana semua register prosesor disetting kosong, dan status mikroprosesor/prosesor disetting reset. Kemudian address 0xFFFF diload di segment code (code segment) dan instruksi yang terdapat pada alamat address 0xFFFF tersebut dieksekusi.

Saya tidak bisa menjelaskan ,kenapa data boot loader ini hilang ?
Yang memrlukan file dari dvb teresterial silahkan download disini
1.firmware bagus
2 firmware yang rusak

Pengukuran yang salah kaprah ?

Filed under: Tak terkategori — digitalmas @ 9:24 PM
Televisi model slim  DAN FLAT banyak dijumpai kerusakan pada bagian capasitor yang ada di daerah horizontal out ,kerusakan umum yang sering terjadi adalah jebolnya transisitor horizontal out secara langsung atau tanpa isarat .
Capasitor ini umumnya milar ,dengan tegangan kerja tinggi seperti contoh untuk CTV LG ,c 423 dan c431,
Sedangkan merk polytron adalah c801 nilainya 300nf400volt(nilai berbeda tergantung inchi )
Untuk merk sharp nilai capasitornya 33nf630volt
problem lg slim  gambar untuk kepentingan blog 005

Saya sering menerima pertanyaan dari rekan rekan teknisi ,tentang problem dari tv slim/flat  ,dimana hampir semua keluhan nya transistor horizontal jebol terus ,
saya sering bertanya apakah capasitor nya bagus ?”
mereka kebanyakan menjawab :” bagus ! “. ada satu hal yang membuat saya jadi heran ,kenapa mereka menyimpulkan bahwa  capasitor mylar tersebut bagus ,lalu saya tanya “berapa nilai yang terukur ?” ,mereka diam .”pokok nya bagus sudah saya ukur” ,saya tanya kamu gimana cara ngukurnya ? jawabanya adalah “pake avo meter skala ohm x10K , jarum nya bergerak sebentar lalu kembali ke tempat semula “ .Hal seperti diatas bukan dari satu orang teknisi ,namun hampir semua teknisi mempunyai persepsi yang sama dalam metode pengukuran capasitor .Saya tidak tahu sumber tersebut berasal dari mana ?.
Kalau kita perhatikan dari cara mengukur capasitor ,dengan mangguanakan metode skala ohm  ,menurut saya adalah salah kaprah ,itu hanyalah salah satu teory tentang capasitor ,dimana capasitor atau elco , bila diberikan tegangan maka akan mengalirkan arus (mengisi/charging)Atau resistansinya turun ,tidak jauh bedanya dengan proses pengisian ACCU/AKI, bila accu kosong maka akan mengalir arus ,tapi kalau sudah penuh arus tidak akan mengalir sama sekali / resistansinya tinggi ,elco yang sudah terisi penuh juga dapat membuang isi/muatannya(discharge).
TEORY CAPASITOR
capasitor meter







Kesimpulannya adalah gunakanlah alah ukur yang sesuai ; bila mengukur panjang gunakanlah meteran ,mengukur berat gunakanlah timbangan ,
,bila mengukur capasitor dibagian horizontal out sebaiknya diukur menggunakan alat ukur yang benar ,artinya jika capsitor yang diukur maka gunakanlah capasitor meter. Capasitor dibagian ini sangat kritis ,sebaiknya diganti dengan nilai yang sama .
Untuk transistor yang jebol dengan nomor parts c6090 ,bisa diganti dengan J6810 ,bentuk fisiknya lebih besar ,tapi lebih dingin ,transisto ini biasa digunakan oleh monitor komputer LG , TV slim ini juga sebetulnya mengadaptasi dari PC monitor dalam hal pengaturan geometri , sudah kita ketahui bersama bahwa monitor pc yang masih crt .geometri nya ada di menu user ,jadi kita bisa melebarkan gambar bagian kiri saja atau kanan saja atau keduanya ,menu untuk geometri di monitor PC komplit , bagian vertikal dan horizontalnya bisa diatur .
Hati hati dipasaran banyak dijumpai transistor c6090 yang palsu !! , bila dipasang transistor ini sangat panas , ternyata setelah diukur hfe transistor  palsu ini besar , beda dengan transisitor c6090 yang asli hfe nya kecil .
Saran , jika menemui kerusakan Horizontal out jebol ,maka ukurlah capasitor nya , atau klo tidak punya alat ukur sebaiknya langsung ganti saja .!

2 September 2010

DOWNLOAD FIRMWARE CTV

Filed under: Tak terkategori — digitalmas @ 9:38 PM
KUMPULAN firmware CTV terutama yang menggunakan IC produksi Philips
Bagi anda yang membutuhkan firmware silahkan download pada link dibawah ini .
Semua firmware adalah hasil dari pembacaan tv yang bagus (kondisi normal).
Untuk memprogram sebaiknya gunakan software wisp ,supaya terlihat jelas pada saat memprogram bagian program area,pk26,dan karakter(osd),
Harap digunakan dengan bijak ,segala resiko menjadi tanggung jawab sendiri.
  1. jvc_29vs24at_tda12027hn1f00_scw1001a30355h2
  2. jvc_29vx74gat_scw1002a32145ha_tda12077h_n1b0b
  3. jvc_scw1958a_v202ercmi_model_av-29bs26at_tda12021h1_n1f01
  4. konka_mono_kp21tk202a3_tda12020h1_n1_f00
  5. toshiba_tda12020h_n1f00_29lze77z_nicamstereo
  6. toshiba_29cz6si_tda12011n-n1f00
  7. samsung_cs29z45z39xxx_ksda-chasistda12120hn300
untuk merek lain akan segera menyusul !

17 Agustus 2010

MODIFIKASI TRANSISITOR H .OUT JVC

Filed under: TIPS&TRIK — digitalmas @ 5:43 AM
Saya akan berbagi pengalaman dan memberikan tips cara modifikasi transistor horizontal out CTV JVC .
Alasan modifikasi dikarenakan stock didaerah saya sudah habis ,yang ada hanya TR yang ASPAL(asli tapi palsu/tidak bisa dipakai)
JVC F series menggunakan transistor BU808DF1 atau persamaan C5388 ,tarnsitor ini jenis nya darlington,harganya beda dengan transiitor horizontal biasa (2x lipat).Ciri yang paling utama dalam TV ini di pCB nya tidak terdapat tranfo Horizontal Driver seperti pada TV umumnya ,seperti terlihat pada gambar dibwah ini .

Jika menemukan TV JVC dengan kerusakan transistor H.OUT jebol (short) ,dan jika transitor asli susah didapatkan dapat diatasi dengan cara sebagai berikut:
Siapkan spareparts seperti dibawah ini
  1. TRANSISTOR HORIZONTAL OUT ,cari yang bagus ! misalnya d2499 ,
  2. TRANSISTOR REGULATOR ,CONTOHNYA D2498
  3. RESISTOR 100 OHM ½ watt
  4. Diode IN 4148.
Buat rangkaian dari komponen diatas menjadi seperti gambar ini :
.
Yang diblok warna merah adalah TR H.out .jadi tinggal menambahkan 3 komponen saja .
Yang perlu diperhatikan adalah elco 47uf35v nya jika kering harus diganti baru !
Semoga menjadi inspirasi

6 Agustus 2010

IDE & DESIGN

Filed under: tools — digitalmas @ 10:08 PM
MEMBUAT C/ESR METER .
Setelah mengunjungi blognya pak sumarsono dan mebaca artikel tentang esr meter ,saya sangat tertarik ,dan coba googling mencari semua sumber yang berkaitan dengan esr meter .
Akhirnya aku menemukan yang sari cari dan saya pikir paling bagus dan komplit.
Hasil akhir yang saya inginkan seperti ini

skemanya seperti ini
Lalu saya bikin pcb nya seperti ini
(lagi…)

5 Agustus 2010

Belajar Membaca Firmware CTV

Filed under: TIPS&TRIK,tools — digitalmas @ 9:41 PM
Belajar Membajak Firware Merk terkenal.!!
Teknik membajak firmware ini didasari atas susah nya mencari firmware (isi dari susunan program yang tertanam di IC program ).bukan isi data dari ic memorinya !
Seandainya kita membutuhkan firmware ,lantas kita meminta kepada perwakilan resmi ,saya rasa mustahil diberi ,soalnya itu adalah hak cipta dan melanggar kode etik perusahan ,
Banyak softaware untuk memprogram IC mikrocontrol televisi diantara nya yang paling terkenal adalah :
  • (WISP) Windows In system Programming ,sofware ini ditujukan untuk IC program Philips seperti keluarga TDA 11xxx,TD12xxx ada yang UOC,UOC TOP ,Fihgter dll.Programmer ini sifatnya downloader artinya hanya bisa untuk mengisi iC saja ,jadi tidak bisa untuk membaca (read).
  • UOC LAB ,Programmer ini juga khusus keluarga Philips .
  • DAEWOO FLASHER programmer ini juga untuk PHILIPS .
  • VISUAL I2C ,ini adalah programmer IC produksi MIKRONAS.
UOC (ultimate one chips)adalah istilah untuk IC program TV yang masih kosong ,Artinya IC tersebut belum diisi firmware ,selanjutnya IC kosong tersebut diisi oleh masing masing perusahaan yang membutuhkan ,misalkan SHARP ,berarti diisi sesuai dengan desain dan kebutuhan merk tersebut ,seperti remote control,osd,program dan lain lain dicustom sesuai dengan kebutuhan sharp.Jadi IC jenis seperti IC memory kosong yang dijual ditoko toko ,misalnya 24C08 .,jadi bisa di pakai oleh semua produsen tv.
Saya disini akan memberi sedikit gambaran tentang teknik membaca isi dari firmware ,Karena hampir semua programmer dilengkapi dengan verifikasi ,verifikasi tujuannya untuk mengecek apakah isi file yang ada dikomputer sudah masuk ke dalam IC yang sedang diprogram dengan benar.Jadi kesimpulan adalah IC tersebut bisa di BACA!!!.
Semua software yang saya sebutkan diatas mempunyai kesamaan dalam rangkaian interfacenya atau hardwarenya , (JIG INTERFACE).seperti pada gambar berikut ini :
Dikoneksikan menggunakan jalur I2C atau SCL dan SDA .

Berikut ini saya berikan contoh dalam membaca isi dari firmware dari tv toshiba yang menggunakan IC PHILIpS TDA12063 ,MODEL 29LZ.
Software untuk membaca IC program digunakan software yang sederhana tapi sudah komplit untuk ukuran tukang service seperti saya ,diantaranya ,:
Bisa untuk seri 24cxx,spi 25xxx,philips ,mikronas,genesis dll .juga untuk mengontrol tuner pll ,semuanya ISP(in system programmer)!!!
Ini adalah contoh dari tampilan programmer yang sederhana
(lagi…)
Halaman Berikutnya »

2 komentar:

  1. thks ilmux mas brow mudah2an sukses slalu..

    BalasHapus
  2. thks ilmux mas brow mudah2an sukses slalu..

    BalasHapus